Selasa, 25 September 2012

Sejarah Animasi

Taukah kalian sejarah Animasi. bagaimana asal mula animasi itu bisa dikenal oleh orang. dan apa itu animasi serta prinsip dasar animasi. banyak hal yang perlu kalian ketahui sebelum lebih jauh belajar tentang animasi, tidak ada salahnya juga kalian tau sejarah animasi, ternyata animasi itu dikenal jauh sebelum kita ada di dunia ini.dan animasi ditemukan oleh beberapa ilmuan seperti Joseph plateau yang menciptakan alat optik yang mampu membuktikan prinsip dasar terbentuknya animasi.
Sejak timbul kesadaran bahwa gambar dapat dipakai sebagai media alternatif komunikasi, timbullah keinginan untuk menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. hal ini dapat dilihat dengan ditemukannya berbagai artefak pada peradaban Mesir kuno, 2.000 tahun sebelum masehi. wah lama juga ya. salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose. dalam salah satunya ilustrasi Leonardo da Vinci, dilukiskan anggota tubuh manusia dalam berbagai posisi.
Lukisan Leonardo Davinci

Kartun gerak atau kartun yang sering muncul di layar perak/kaca, lazim disebut sebagai kartun animasi atau film kartun. kartun jenis ini dirintis pertama kali oleh Jean Mary dan Emile Reynaud yang berkebangsaan Perancis dengan sistem praxinoscope pada tahun 1880. kemudian pada tahun 1908, alat itu dikembangkan oleh Emile Cohl, yang juga berkebangsaan perancis, untuk pembuatan sebuah film animasi yang sangat sederhana. Sejarah perkembangan animasi dunia tidak dapat dilepaskan dari pengaruh negara-negara di Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang. 
Cikal bakal perkembangan animasi di Eropa secara dominan dipengaruhi oleh keberadaan komik-komiknya. perkembangan komik yang sedemikian pesat telah melahirkan banyak tokoh-tokoh kartun Eropa yang terkenal, seperti Asetrik dan Obelix, Smurf, Tintin, Johan and Pirlouit, Steven Sterk, Lucky Luke, dan lain-lain.
Di Jepang seperti halnya di Eropa, perkembangan animasi tidak terlepas dari pesatnya perkembangan komik. pemutaran serial animasi TV "Tetsuwan Atom (Astro Boy)" merupakan film animasi pertama yang sukses di jepang. film yang diangkat dari komik populer karya Osamu Tezuka dianggap sebagai pelopor industri animasi Jepang. 
Kisah kepahlawanan dan petualangan robot raksasa mendominasi perkembangan animasi pada tahun 1970-an dan 1980-an. Animasi jepang tidak terlepas dari maraknya dunia komik Jepang (dikenal dengan sebutan manga). sampai pada dekade ini (tahun 2000-an), telah muncul ratusan film-film anime yang sangat populer di seluruh dunia, seperti anime Doraemon, Dragon Ball, Sailormoon, Detectif Conan, Sinchan, Samurai X, Naruto, Slamdunk, Pokemon, Digimon, dan sebagainya.
Tidak dipungkiri jika animasi Jepang (yang dikenal juga dengan sebutan anime) semakin mengokohkan posisinya sebagai animasi paling sukses di dunia, bahkan sebagai pemberi devisa terbesar nomor dua bagi negara Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar