Rabu, 26 September 2012

Spesifikasi Komputer untuk Animasi 3D

Spesifikasi komputer untuk Animasi 3D harus kalian perhatikan sebelum memluai melangkah untuk membuat sebuah animasi 3D, jangan sampai komputer kalian tidak kuat untuk melakukan proses pembuatan animasi 3D. Saat ini tidak tibutuhkan lagi spesifikasi komputer (personal computer) yang terlalu tinggi dalam pembuatan animasi 3D. Hal ini adalah sebuah efek dari semakin majunya perkembangan dunia hardware komputer. Meskipun begitu, ada baiknya bila anda mempunyai kemampuan dana yang memadai dan anda disarankan untuk membeli komputer dengan spesifikasi yang cukup tinggi sehingga akan mempermudah dan memberikan kenyamanan pada kerja anda. Jika anda mempunyai spesifikasi komputer yang agak terbatas, sebaiknya anda tidak menggunakan software animasi 3D dengan versi terbaru. Hal ini karena software animasi 3D versi terbaru pasti membutuhkan spesifikasi komponen harware komputer yang tinggi sebagai akibat penambahan fitur maupun fasilitas dari software tersebut. 
Spesifikasi Komputer untuk Animasi 3D
1. Prosesor
Agar komputer anda tidak terlalu berat saat membaca grafis-grafis 3D, sebaiknya anda menggunakan prosesor multicore untuk mempercepat kinerja dan performa komputer. Idealnya, anda dapat menggunakan komputer dengan prosesor Core 2 Duo atau prosesor lainnya yang sekelas dengan kecepatan 3 Ghz ke atas itupun kalau anda mempunyai kelebihan dana.
2. Memori (RAM)
Memori memiliki peran untuk memuluskan kinerja pembacaan tampilan grafis 3D pada komputer. Anda disarankan untuk menggunakan memori komputer berdaya tingg, misalnya 1 GB RAM DDR 2.
3. Hardisk
File ataupun software animasi secara umum berukuran cukup besar sehingga dibutuhkan kapasitas hardisk dengan daya tampung yang cukup besar juga. Anda sebaiknya menggunakan hardisk berkapasitas minimal 80 Gb, akan tetapi jika anda punya dana lebih baik anda gunakan hardisk dengan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi. 
4. Monitor
Monitor layar lebar akan mempermudah pembuatan animasi 3D. Dengan layar yang cukup besar, mata anda akan dibuat nyaman dan tidak cepat lelah ketika bekerja dan memandangi grafis 3D. Setidaknya, ukuran layar monitor anda adalah 17 inci. Akan lebih baik lagi jika berukuran 21 inci, 23 inci, atau bahkan 30 inci.
5. VGA Card
VGA card (Video Graphics Array) merupakan perangkat dasar untuk menampilkan gambar khususnya pada monitor. Semakin tinggi kualitas dan harga dari VGA Card, maka semakin bagus kualitas gambar yang ditampilkan. Kemampuan komponen ini sangat berperan besar pada proses pembuatan modeling, texturing, animation, dan rendering.
6. DVD Writer
Sebaiknya anda memiliki DVD writer karena animasi 3D anda biasanya harus dipindahkan ke DVD (burning) untuk diserahkan kepada pelanggan.
7. UPS
UPS adalah pelindung listrik yang cukup baik yang dapat melindungi data file dan hasil kerja anda bila listrik tiba-tiba mati atau jika tegangan listrik sedang tidak stabil.
8. Mouse, Keyboar, dan Speaker 
Untuk mouse, keyboard dan speaker, anda bisa menggunakan yang standar, tidak perlu mahal karena efeknya juga tidak terlalu besar. Paling dampaknya kalau anda memakai yang lebih murah maka mouse keyboard maupun speaker anda tidak setahan lama dengan yang harganya lebih mahal.
Jika anda sudah menentukan spesifikasi komputer untuk animasi 3D, sebaiknya anda tentukan software  animasi 3D yang anda akan gunakan untuk pembuatan animasi 3D. untuk memudahkan anda mencari software animasi 3D saya menyediakan artikel-artikelnya silahkan dicari di blog saya.

3 komentar:

  1. Artikel yang menarik. Memang agak miris kalau komputer kita berurusan dengan 3D, saya pernah punya pengalaman pahit kehilangan file 3D yang sudah dikerjakan berhari-hari. Ada kabar kelas AMD bisa lebih ramah dengan 3D, bagaimana menurut anda?

    BalasHapus
  2. Kita juga mempunyai jurnal mengenai Animasi 3D, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1362/1/50407998.pdf. Semoga bermanfaat!

    BalasHapus
  3. Artikel ini sungguh sangat bermanfaat untuk referensi saat akan memulai memproduksi film animasi 3D

    BalasHapus