Selasa, 25 September 2012

Jenis Animasi

Secara umum, Jenis Animasi dibagi kedalam tiga kategori, yaitu traditonal animation (2D), stop motion animation, dan computer graphics animation (3D animation). Saya akan mencoba menguraikan ketiganya agar terlihat perbedaan antara animasi 2D, stop motion, dan animasi 3D. Berikut ini penjelasannya.

1. Traditional Animation
Proses pembuatan traditional animation
Animasi tradisional (traditional animation) adalah kategori animasi yang sudah berumur sangat tua. Disebut tradisional karena teknik/model animasi inilah yang digunakan untuk pengembangan awal animasi di media layar kaca (TV) dan layar perak (bioskop). Traditional animation sering disebut cell animation karena teknik pengerjaannya dilakukan pada media kertas celluloid transparent yang secara sekilas terlihat sama dengan kertas transparansi untuk OHP. Celluloid transparent adalah kertas yang tembus pandang sehingga animator dapat dengan mudah membuat gambar yang saling berurutan satu sama lain dan dapat menciptakan animasi yang tampak halus dan mulus pergerakannya.
Animasi tradisional banyak menghasilkan film-film kartun (animasi kartun) untuk televisi maupun bioskop. Beberapa film kartun produksi Disney (Snow white and seven dwarf, cinderella, bambi, beauty and the beast, aladin, the lion king, dan lainnya), produksi Hanna Barbera (The flinstone, tom and jerry, dan lainnya) menggunakan jenis animasi ini.

contoh film dengan traditional animation (TA)

2. Stop Motion Animation
proses pembuatan stop motion animation
Stop Motion Animation adalah animasi yang menggunakan media perekam, misalnya kamera, untuk menangkap pergerakan objek yang digerakkan sedikit demi sedikit. Dalam jenis animasi ini, objek akan diatur untuk memperlihatkan pose tertentu dan kamera akan merekam pose objek tersebut. Proses gerak objek dan rekam pose akan terjadi berulang kali. Hasilnya, ketika kamera memutar pose-pose objek secara cepat, terciptalah ilusi pergerakan animasi.
Animasi ini sering disebut juga dengan Claymation karena, dalam perkembangannya, jenis animasi ini umumnya menggunakan media atau bahan berupa tanah liat (clay) sebagai objek animasinya. Clay tersebut digunakan untuk membuat objek animasi berupa boneka, patung, dan sebagainya. Clay dipilih karena bahan ini bersifat elastis (mudah dibentuk) dan mudah untuk digerakkan. Namun, animasi jenis ini tidak hanya terbatas pada objek berbahan tanah liat saja, kertas, kayu, dan bahan lain pun dapat digunakan dalam animasi jenis ini.
Film "Wallace and Gronit" dan "Chicken Run" karya Nick Parks adalah beberapa contoh stop motion animation. Contoh lainnya adalah "Celebity Death Match" yang ditayangkan oleh MTV, yang menyajikan sindiran-humor dalam perkelahian antarselebritis top dunia.

contoh film dengan SMA

3. Computer Graphic Animation (3D Animation)
proses pembuatan computer graphic animation
Computer graphic animation adalah jenis animasi yang keseluruhan prosesnya dikerjakan dengan media komputer. Animasi ini dapat berupa animasi 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Namun, dalam perkembangannya, computer graphic animation ini telah berevolusi dengan sangat cepat melalui pendekatan 3D yang sangat revolusioner dan bahkan mampu mendakati bentuk objek aslinya (hyperreality) sehingga pada akhirnya, animasi jenis ini menjadi identik dengan animasi 3D (3D animation).
Dengan bantuan komputer, maka seluruh pengerjaan animasi, mulai dari tahap pemodelan hingga hasil akhir (rendering), tidak lagi dikerjakan dengan sketsa tangan manual (konvensional) sehingga keseluruhan proses pembuatan animasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Computer graphic animation saat ini dikenal juga dengan istilah Computer Generated Imagery (CGI).
contoh film -film yang menggunakan jenis animasi ini adalah Toy Story, Shrek, Finding Nemo, Monster Inc, Ice Age, The Incredibles, The Cars, Chicken Little, Madagascar, Open Seaseon, Happy Feet, Ratatouille, Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT), Kungfu Panda, Bolt, Wall-E, Final Fantasy: Spirits Within, Final Fantasy VII: Advent Children, Residen Evil: Degeneration, X-Men, Lord of The Rings, Harry Potter, The Matrix, Tomb Rider, Spiderman, Superman, Batman, Narnia, Kingkong, dan lain-lain.
contoh film yg dibuat dengan CGA 3D

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. software buat aniamsi itu contohnya apa gan?

    tempattekno.blogspot.com

    BalasHapus