Rabu, 26 September 2012

Proses Pembuatan Animasi 3D Tahap Akhir

Proses Pembuatan Animasi 3D Tahap Akhir ini merupakan tahap penyempurna dari tahapan-tahapan sebelumnya yang sudah saya jelaskan pada artikel saya yang lain. jika kalian belum baca silahkan baca artikel proses pembuatan animasi 3D tahap awal dan proses pembuatan animasi 3D tahap kedua. artikel ini merupakan tahap ketiga atau tahap akhir dari proses pembuatan animasi 3D. Tahap akhir dari suatu produksi animasi 3D ini meliputi:
1. Editing Animation and Voice
Ini adalah proses pengeditan pada hasil animasi yang telah dibuat dan juga pengeditan pada suara. Dalam proses ini, klip animasi atau suara yang tidak diperlukan akan dibuang.
2. Compositing and Visual Effect
Ini adalah proses compositing pada elemen-elemen animasi serta pembuatan visual effect yang dibutuhkan, misalnya pembuatan judul atau bumper/flying logo, atau penambahan efek-efek visual yang memperindah tampilan animasi, seperti pemberian efek cahaya, sinar, ledakan, dan lain-lain.
3. Adding Sound and Audio/Folley
Ini adalah tahap proses pemberian audio sebagai pendukung visual animasi. Proses ini biasanya dilakukan di dalam sebuah ruangan dengan berbagai peralatan yang menghasilkan bunyi-bunyian sesuai dengan adegan yang dibutuhkan dalam animasi.
4. Preview  & Final
Ini adalah tahap penyatuan keseluruhan animasi, audio, dan compositing yang telah dibuat.
5. Burn to Tape 
Ini adalah proses pemindahan hasil animasi ke media pita untuk diputar di bioskop atau stasiun TV. Media penyimpanan lain yang juga banyak digunakan saat ini adalah media penyimpanan digital, yaitu CD atau DVD.

1 komentar: